Perbedaan Ibadah Haji dan Umroh

Haji dan umroh adalah ibadah yang sama-sama dikerjakan di tanah suci Mekkah. Meskipun kedua ibadah tersebut terdapat kesamaan, namun kamu perlu mengetahui terdapat beberapa hal perbedaan haji dan umroh. Perbedaan itu akan dibahas lebih lengkap pada uraian berikut ini.

2+ Perbedaan Haji dan Umroh Secara Keseluruhan

1.   Hukum Pelaksanaannya

Ibadah haji hukumnya wajib dikerjakan setiap umat muslim yang sudah memenuhi beberapa syarat wajibnya. Ibadah ini pun juga termasuk ke dalam rukun Islam, urutannya yaitu syahadat, shalat, zakat, puasa di bulan Ramadhan, serta menunaikan ibadah haji ketika sudah mampu.

Hal itu berbeda dengan penetapan hukum ibadah umroh, karena para ulama masih berselisih. Bahkan ada juga yang beranggapan bahwa wajib. Ada juga sebagian lainnya menyebutkan sebagai ibadah sunnah. Hukum mengenai umroh sendiri berdasarkan pada beberapa dalil.

Dalil tersebut misalnya seperti hadis diriwayatkan oleh Tirmidzi, bahwa Rasulullah pernah mendapat pertanyaan tentang apakah umrah wajib dilakukan atau tidak. Nabi Muhammad SAW pun menjawab tidak, pada saat kamu umroh maka akan lebih baik lagi untukmu.

2.   Jumlah Rukunnya

Rukun sendiri adalah suatu ritual yang menjadi penanda keabsahan tentang pelaksanaan ibadah haji dan umrah. Ibadah Anda bisa dianggap batal ketika salah satu rukunnya tidak dikerjakan. Apabila tidak mengerjakannya, hal itu tidak bisa diganti dengan dam atau denda.

Perbedaan haji dan umroh terletak pada rukun, karena terdapat pelaksanaan rukun di Arafah di dalam beribadah haji. Adapun 5 rukun haji di antaranya yaitu:

–     Berniat untuk ihram –     Melakukan wukuf di daerah Arafah –     Melaksanakan Tawaf –     Sai –     Memotong rambut Anda

Sedangkan rukun ibadah umroh terdiri atas empat hal, adapun rukun tersebut misalnya seperti:

–     Berniat ihram –     Melaksanakan Tawaf –     Sai –     Memotong rambut 

3.   Waktu Pelaksanaannya

Ibadah haji hanya dapat dilaksanakan pada bulan-bulan tertentu saja, yaitu terbatas di antara bulan Syawal sampai dengan hari raya Idul Kurban pada tanggal 10 Dzulhijjah. Sedangkan ibadah umroh bisa dikerjakan pada berbagai waktu, bahkan sepanjang tahun sekalipun.

Sehingga pelaksanaan haji mempunyai waktu yang lebih sempit, jika dibandingkan dengan umroh. Namun perlu diingat bahwa hukum ibadah haji adalah wajib, dan umroh hukumnya sunnah. Anda dapat memilih kewajiban atau ibadah umroh terlebih dahulu, tapi sebaiknya mendahulukan haji.

4.   Kewajiban

Kewajiban di antara ibadah haji dan ibadah umroh ternyata berbeda. Kedua ibadah itu terdapat suatu kewajiban berupa serangkaian manasik, apabila ditinggalkan makan ibadah akan batal. Namun perlu diketahui bahwa kewajiban itu dapat digantikan dengan dam atau denda.

Ibadah haji sendiri mempunyai 5 kewajiban, seperti berniat ihram dari miqat (batas area yang sudah ditetapkan sesuai asal daerah para jamaah), menginap di daerah Muzdalifah dan Mina, melakukan tawaf perpisahan atau wada’, dan melontarkan jumrah.

Kemudian kewajiban ibadah ibadah terdiri dari 2 macam, yaitu berniat ihrah dari miqat dan menjauhi semua larangan ihram. Perlu diketahui juga bahwa ibadah haji membutuhkan waktu antri bertahun-tahun karena pemerintah Arab Saudi membatasi jamaah yang datang dari berbagai negara.

Apalagi di tengah pandemi Corona seperti sekarang ini, pasti pembatasannya lebih ketat atau jumlah jamaahnya semakin dibatasi. Jangan lupa selalu memakai masker di mana pun Anda berada. Perbedaan haji dan umroh yaitu jumlah kewajibannya.

Apabila masih bingung dan tidak tahu doa-doa ketika pelaksanaan ibadah haji maupun umroh, Anda dapat mencoba aplikasi agen umroh dari Muslim Pergi. Aplikasi tersebut berisi tentang hal-hal berkaitan dengan ibadah di Mekkah, yaitu mulai dari jumlah kursi hingga panduan doa ketika Tawaf.

Pada website MuslimPergi, sudah aplikasi demo yang dapat Anda coba. Untuk mendapatkan versi lengkapnya, bisa menghubungi customer service pada menu di pojok kanan atas berupa Hubungi Kami.

Tag: ibadah haji, ibadah umroh, hukum haji dan umroh

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *